CONTOH E-MALL
Bhinneka.com
Merupakan salah satu webstore Indonesia. Webstore ini merupakan webstore yang menyediakan beragam jenis produk elektronik seperti komputer, gadget, software, networking, CAD&CAM, dan beragam produk IT lainnya. Dalam profilnya, bhinneka.com menyebutkan bahwa missi mereka adalah menjadi webstore nomor 1 dalam hal penyediaan produk IT di Indonesia. Produk yang dijual oleh Bhinneka.com, berdasarkan nilai dollar saat ini, sehingga harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu. Dan untuk memudahkan kita dalam melihat harga saat ini, bhinneka menyediakan fasilitas, yaitu berupa sistem penetapan harga dollar saat ini yang dapat dikalikan dengan harga produk yang tercantum dalam dollar, sehingga memudahkan kita untuk mengetahui harga produk untuk saat ini.
Cara berbelanja bhinneka.com untuk online mereka menyediakan fasilitas shopping card, dan untuk langkah – langkah dapat langsung menekan tombol beli dan selanjutnya barang yang telah dibeli akan masuk ke dalam shopping card. Untuk lebih jelasnya dapat membaca panduan shopping card. Untuk pembayaran dapat dilakukan dengan :
Mizan.com
Selama lebih dari dua dekade keberadaannya di Indonesia, Mizan telah menunjukkan komitmen yang meningkat dalam ikut serta menciptakan masyarakat modern, terbuka, dan, pada saat yang sama, religius. Komitmen ini diwujudkan melalui pengembangan perusahaan yang berjalan berlandaskan pengetahuan, yang mampu merespon tantangan dan permintaan seiring perubahan lingkungan yang cepat dan mengglobal akibat kemajuan teknologi dan informasi.
Mizan -dalam bahasa Arab berarti seimbang- didirikan pada tahun 1983 oleh tiga mahasiswa beserta dua senior mereka. Pada awalnya mereka bertujuan membangun aras baru karya-karya ke-Islaman di Indonesia. Dimulai hanya menerbitkan buku-buku terjemahan penulis terkemuka dari luar negeri, secara bertahap karakter Mizan menemukan bentuknya melalui karya-karya ke-Islaman yang mewakili berbagai sudut pandang, secara serius dan modern.
Untuk menjawab kebutuhan perkembangan bisnis yang berkembang pesat, Mizan membentuk Mizan Publika sebagai perusahaan induk (holding company) pada tahun 1999, dan meluncurkan program rekayasa ulang (reengineering) di tahun 2001. Sejak saat itu, Mizan terbagi dalam unit-unit yang otonom dan dinamis sehingga dapat beradaptasi terhadap cepatnya perubahan lingkungan bisnis. Program rekayasa-ulang melahirkan beragam unit bisnis strategis yang terbagi dalam lini penerbitan, distribusi, penjualan, galeri buku online, percetakan, dan learning center untuk pelatihan-pelatihan.
Dari hanya menerbitkan tiga buku sebulan di tahun pertamanya, Kelompok Mizan telah mampu memproduksi lebih dari 600 judul buku per tahunnya dan sukses menghasilkan karya-karya best-seller. Mizan saat ini dikenal sebagai salah satu perusahaan penerbitan terbesar di Indonesia.
Tidak puas hanya memenuhi kebutuhan pasar domestik, Mizan memperluas jangkauan bisnisnya ke luar negeri melalui unit bisnis strategis khusus yang diberi nama Mizan International dengan tiga bidang kegiatan. Pertama, mendistribusikan buku-buku Mizan berbahasa Indonesia dan Melayu kepada masyarakat Indonesia dan Melayu yang tinggal di negeri jiran; kedua, menerjemahkan buku-buku berbahasa Indonesia ke dalam bahasa asing untuk pasar internasional; dan ketiga menangani urusan hak cipta (copyright) melalui lembaga bentukannya, yaitu Mizan Literary Agency (MLA).
Mizan kini telah mulai merintis pembukaan jaringan pusat kegiatan buku di Indonesia, termasuk toko buku dan pusat kegiatan Komunitas Mizan sebagai wadah penulis, penerbit, sastrawan, dan pihak-pihak lain dalam komunitas baca (reading society) di kalangan masyarakat Indonesia. Selanjutnya jaringan pusat perbukuan ini akan dikembangkan di Jakarta dan kota besar lainnya.
Di masa mendatang Mizan juga berencana untuk go public melalui Bursa Efek Indonesia setelah memperbesar asetnya melalui private placement.
AMAZONE.COM
Amazone.com menyediakan beragam produk seperti: buku, elektronik, film, musik, komputer, dan peralayan kantor, bvarang-barang elektronika, perlengkapan bayi dan mainan anak-anak, alat kesehatan dan kecanmtikan, aksesoris seprti anting, perlengkapan industri, olahraga dan outbond dan masih banyak lagi. Amazone.com termasuk e-mall yang bersifat general karena amazone.com menyediakan beragam produk.
Barners&noble.com
Barners&noble.com dimiliki oleh oleh perusahaan Barners&noble. Barnes&noble merupakan internet terbesar yang menyediakan buku. Tetapi barner&noble tidak hanya menyediakan buku, mereka juga menyediakan DVD, musik, video game, majalah, kartu ucapan dan perlengkapan rumah tangga. Keuntungan dari Barnes&noble mneyediakan layanan pengiriman cepat dan gratis dalam waktu tiga hari atau kurang untuk pesanan $25.
E-MALL
Mall elektronik atau biasa disebut e-mall, hampir sama dengan mall-mall di dunia nyata. Mall elektronik juga menampilkan produk-produk dari berbagai toko. Seperti mall pada umumnya, apabila para pengunjung di mall elektronik tersebut tertarik untuk membeli produk, maka pembeli bisa melakukan transaksi untuk barang yang diinginkan. Dan biasanya pembayaran dilakukan dengan kartu kredit serta pengiriman barang melalui pos atau jasa kurir.
E-Mall General/Umum
e-mall General adalah e-mall yang menjual berbagai macam produk dalam webnya. contoh dari e-mall umum adalah amazon.com yang menjual berbagai barang elerktronik, komputer, buku dan DVD. Sedangkan ebay.com menjual lukisan, buku, kamera, mobil, komputer, mainan, DVD, perhiasan, video game, barang-barang olang raga dll. Contoh e-mall yang lain, yaitu emall.com, GlodokShop.com.
E-Mall Khusus
Kebalikan dari e-mall umum, e-mall khusus hanya menjual satu macam produk saja. Contoh e-mall khusus, yaitu baju-anak.com, yang khusus menjual baju anak-anak,baju-anak.com sendiri beroperasi di Indonesia. Situs gamezone.com yang menjual produk-produk game.
Berikut ini beberapa keuntungan e-mall :
1.Jaringan dari e-mall mendunia. Misalnya amazon. Com yang diakses oleh orang indonesia.
2.Tidak mengenal tutup,maksudnya adalah e-mall buka 24 jam penuh.
3.Bisa menghemat banyak waktu dan tenaga karena hanya dengan duduk di meja kerja dan go online, kita sudah bisa membeli sebuah produk.
4.Hampir semua jenis barang tersedia dalam e-mall.
5.Pilihan produk yang sangat banyak. Disini kita bisa membandingkan baik dari segi harga, kualitas maupun testimonial dari orang2 yang membeli produk tersebut, sebelum memutuskan untuk membeli produk yang kita inginkan.
6.Tidak diperlukannya ruangan atau toko.
Meskipun mempunyai banyak keuntungan,e-mall juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya :
a.Sebagai calon pembeli, kita tidak bisa memegang atau mencoba produk.
b.Produk yang kita beli menjadi lebih mahal karena adanya ongkos kirim.
c.Di Indonesia, masyarakat belum terbiasa berbelanja menggunakan katalog, kepercayaan kepada pembayaran elektronik juga masih kurang, penggunaan kartu kredit masih terbatas pada orang-orang tertentu.
Dalam berbelanja online kita tetap harus berhati-hati, berikut ini beberapa tipsnya :
· Jangan tergoda dengan harga murah, beberapa situs adalah hanya tampilan muka saja, ia akan mengambil uang Anda kemudian melarikan diri. Periksa kembali perusahaan tersebut, lihatlah pendapat orang lain mengenai perusahaan tersebut. Cari tahu alamat dan telepon lengkap yang konkrit.
· Baca persyaratan dengan cermat terlebih dahulu sebelum meneruskan transaksi.
· Jika sebuah perusahaan tidak mengantarkan barang pesanan kita, atau barang tersebut cacat atau salah dalam pengantaran, Anda juga bisa meminta uang kembali via bank Anda dan proses pengembaliannya menjadi beban konsumen.
· Sebelum memberikan data kartu kredit Anda, pastikan forlmulir pengisian adalah dalam bentuk SSL (Secure Socket Layer) yang dilindungi. SSL meng-encrypt data selama pengiriman, untuk menghalangi siapa saja dari pencurian data. Anda dapat mengetahui bila halaman itu memiliki proteksi SSL atau tidak dengan melalui web address dari halaman formulir checkout tersebut yang akan dimulai dengan https:// dan bukannya http:// dan periksalah apakah lambang pengaman yang kecil (tanda padlock) muncul di sebelah kanan bawah dari web browser Anda..
· Jika Anda harus membuat account pada toko online, pastikan untuk menggunakan kata sandi /pass-word yang baik; paling tidak terdiri dari 8 karakter dan jangan memakai kata atau nama yang umum.
Sumber :
www.emall.com
www.decoramericana.com
www.maubelionline.com
www.glodok88.com
www.shoping.com
www.sierratradingpost.com
Amazon.com
Ebay.com
Baju-Anak.com
http://daemors.web.id/
htttp://www.epochtimes.co.id/keluarga.php?id=72
Kamis, 18 Maret 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar